Wednesday, December 15, 2010

Berubah Jadi Lebih baik, susah??!

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

memulakan sesuatu dengan mengucap basmalah alangkah baiknya..

Untuk menjawab pertanyaan diatas akan ada dua jawaban yang muncul, adakah berubah untuk menjadi lebih baik itu susah? Jawabannya bisa Iya, bisa juga Tidak. Iya susah, jika tidak ada niat yang kuat di dalam hati. Tidak susah jika kita mempunyai tekad dan niat yang kuat untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Memang tidak akan semudah yang dipikirkan, akan banyak onak duri yang merentang ditengah jalan yang harus kita lewati untuk mencapai apa yang kita inginkan. Tapi selagi kita mampu untuk mencoba dan berusaha untuk berubah kenapa hal itu tidak kita lakukan, daripada kita hanya berpikir dan melihat dari jauh bahwa berubah itu sesuatu yang sulit, akan lebih baik jika kita mencoba dan merasakannya sendiri. Karena Allah Maha Tahu, Maha Melihat, Maha Mendengar, bahkan hal-hal yang coba kamu sembunyikan sekalipun, Allah akan mengetahuinya..


Sama seperti membuat sebuah design, seperti itu juga ibadah yang kita lakukan, Allah melihat sebuah proses yang dilakukan oleh makhluk ciptaan-Nya, bukan hanya sekadar melihat hasil yang kita lakukan, karena PROSES itu merupakan bagian yang terpenting dan menunjukkan seberapa gigihnya kita berusaha untuk bisa dekat dengan-Nya,
masalah BERHASIL atau TIDAK,
semua ada di tangan-Nya, serahkan segala sesuatunya pada Allah,
kerena ia Maha Adil..

"Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan (Yang Hak) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu.
(QS. Muhammad: 19)

Ingin berubah tak seharusnya secara cepat, karena tidak ada proses yang instant dalam hidup, dan kalaupun ada, itu mungkin akan berakibat buruk pada waktu yang akan datang. Semua itu butuh proses, termasuk untuk berubah menjadi baik, masing-masing orang mempunyai caranya dan berbeda tahap kecepatannya. Tidak harus ikut cara orang lain jika merasa tidak bersesuaian, kita bisa mencari cara kita sendiri yang mungkin akan lebih sesuai dan baik untuk kita. Asal ingat!! semua yang kita lakukan hanya demi Allah semata, bukan untuk siapapun ataupun untuk hal yang lainnya.

Untuk berubah menjadi insan yang lebih baik, 'BAIK' dalam makna Islam, yang pertama harus kita pahami adalah apa itu Baik?
akan muncul banyak jawaban mengenai apa makna baik, tapi baik menurut Islam adalah:
"Mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya"
-Nya disini adalah Allah SWT, yang mana segala perintah dan larangan telah tertulis di dalam Al-Quran dan kita tinggal membaca dan mempelajari makna yang terkandung didalamnya.
Jadi bisa kita beri contoh jika seorang perempuan itu bertingkah laku baik, sopan, rajin sholat dan mengaji tapi ia tidak menggunakan jilbab, maka ia tidak cukup baik karena di dalam Al-Quran ada dikatakan bahwa WAJIB bagi perempuan muslim untuk menutupi aurat di depan orang yang bukan muhrimnya. Begitu juga jika ada seorang perempuan yang menutup auratnya dengan baik, rajin sholat, mengaji, dan amalan lainnya tetapi ia tidak membatasi pergaulannya dengan lawan jenis maka ia juga tidak bisa dikatakan baik karena didalam Al-Quran juga ada dijelaskan mengenai batasan pergaulan antara laki-laki dan perempuan.

Memang tidak mudah untuk menjadi Baik karena tidak ada manusia yang sempurna, manusia selalu berbuat khilaf dan salah, sekarang kita semua berada pada jalan yang sama dimana kita yang menentukan pilihan akankah kita berusaha berjalan untuk mencapai kebaikan itu, atau kita hanya berdiam atau justru berbalik kebelakang.

"Barang siapa yang mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu lengan, dan barang siapa mendekat kepada-Ku satu lengan maka Aku akan mendekat kepadanya dua lengan, dan jika ia menghadap kepada-Ku dengan berjalan maka Aku menemuinya dengan berlari".
(HR. Bukhari-Muslim)

NB:
Perbanyak dzikir dan doa pada 9, 10, dan 11 Muharram ini,
InsyaAllah segala urusan akan di permudahkan Allah,
dan jangan lupa besok adalah 10 Muharram, jadi ayo kita berpuasa 'Asyura..




3 comments:

RuMaH TuA said...

Tidak ada kejayaan yang paling sempurna melainkan dalam sunnahnya.. (",)

Natasya Alhabsyi said...

Ya kesempurnaan itu hanya milik Allah,=)
salam ziarah..

Rama Sejati said...

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai "sulit berubah" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Sulit Berubah ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...